Sabtu, 12 Juli 2008

Kiat Sukses Sholat Khusu'

Sholat Khusu'
Saya pernah teringat oleh sebuah nasehat dari seorang ulama yang saya hormati, beliau berkata tentang sholat yang khusu'
" Jika kamu ingin mendirikan sholat dengan khusu', maka tinggalkanlah urusan dunia tanpa membawa suatu beban"
kata-kata yang dalam sekali maknanya. Berhari-hari saya mencoba untuk menelaah apa arti dan maksud dari perkataan beliau, sampai pada akhirnya seorang ulama lain lagi menerangkan bahwa meninggalkan urusan dunia tanpa beban itu contohnya sebagai berikut :
  • Jika masuk waktu sholat saya pingin buang air, buang air-lah dahulu sebelum wudhu
  • Jika masuk waktu sholat saya lapar, makanlah terlebih dahulu
  • Jika masuk waktu sholat ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, selesaikanlah dahulu atau minimal lanjutkan sampai bisa ditinggalkan
  • Pada waktu hendak memulai sholat, pikirkanlah bahwa kamu hendak menghadap Dzat yang maha segala-galanya, dan kamu berada di dunia lain selain dunia fana ini
Bagi saya ternyata hal tersebut berhasil dan mungkin juga masih ada hal-hal lain yang menjadi kiat sukses sholat khusu'. Semoga hal ini akan menambah ketaqwaan kita .

salam,
dwipa99

2 komentar:

Muhamad Fajar mengatakan...

Shalat khusu'
Sekedar tambahan, anggap saja shalat kita adalah shalat kita yang terakhir sebelum mati,
Insya Allah bertambah khusu'

Karena kita tak akan pernah tahu kapan kita mati

dwipa99 mengatakan...

Subhanallah , terima kasih atas masukannya. Semoga kita termasuk hamba yang khusu'