Sabtu, 16 Agustus 2008

Kemerdekaan

MERDEKA!!!
Itulah salah satu kata yang pada bulan ini sering kita lihat ataupun dengar, entah itu slogan atau penyemangat ataupun juga hanya iseng. Tetapi sudahkah kita renungkan apa makna dari kata MERDEKA tersebut? Merdeka secara umum dapat kita artikan mendapatkan hak untuk mengendalikan diri sendiri tanpa campur tangan orang lain dan atau tidak bergantung pada orang lain. Untuk Indonesia negara kita tercinta memang sudah merdeka dan terbebas dari belenggu penjajahan negara lain. Untuk manusianya? diri kita sendiri apalagi? sudahkah kita merdeka?
Untuk menjawab pertanyaan itu coba kita lihat beberapa contoh pertanyaan berikut :
  • Masihkah harta dunia menguasai kita? yang seharusnya kita dapat menguasainya dan membelanjakannya secara halal dan thayyib.
  • Masihkah bos kita dikantor menguasai kita dalam berbagai hal diluar profesionalitas?
  • Masihkah kita dijajah oleh ideologi? karena hanya berbeda partai saja kita saling membenci
  • Masihkah kita dijajah media atau teknologi, walaupun kita dapat menggunakan ilmu didalamnya kapanpun dan dimanapun? harusnya kita dapat memilah sendiri bacaan atau tontonan yang sesuai dengan kehendak kita (film hantu atau acara banci kok ditonton, basi..)
  • Masihkah kita dijajah syahwat ataupun cinta? yang seharusnya dapat kita cegah dengan logika dan pengendalian diri melalui iman (bagi yang lagi pacaran nihh..)
  • Masihkah kita dijajah oleh nafsu diri kita sendiri? (ini yang paling berbahaya) yang seharusnya dapat kita kendalikan dengan Iman dan taqwa. Alhamdulillah sebentar lagi kita mendapat latihan gratis untuk mengendalikan nafsu di bulan yang penuh berkah Ramadhan.
Bagaimana...? sudahkah kita merdeka?

Tidak ada komentar: